Senin, 05 Desember 2011

Ibroh

DARI 1 (SATU) BIJI JADI 7 (TUJUH) BULIR, DARI  SATU BULIR JADI  100 (SERATUS) BIJI

 Kurang lebih 6 bulan yang lalu saya mendapatkan bibit pohon markisa dari seorang sahabat, tidak disangka dalam waktu yang sangat singkat bibit tersebut tumbuh menjadi sebuah pohon yang berbuah sangat lebat

Tanaman Markisa setelah 6 bulan

Dengan rasa gembira, saya pun langsung bersyukur kepada Allah swt yang telah menjadikan tanaman markisa ini menjadi  berbuah lebat sekali pun tumbuh di lahan yang sempit dalam pandangan saya. Teringat firman Allah swt dalam Al qur’an surat albaqarah ayat 261 berikut ini
 
مَثَلُ الَّذينَ يُنفِقونَ أَموٰلَهُم فى سَبيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنبَتَت سَبعَ سَنابِلَ فى كُلِّ سُنبُلَةٍ مِا۟ئَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضٰعِفُ لِمَن يَشاءُ ۗ وَاللَّهُ وٰسِعٌ عَليمٌ
 
2:261. perumpamaan infaq yang dikeluarkan oleh orang-orang yang menginfaqkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha mengetahui.

Rasa Syukur ini saya wujudkan berupa mengolah buah markisa yang sudah matang menjadi minuman segar, dan betapa takjubnya lagi saya saat membelah buah markisa ternyata dari satu buah yang saya potong terdapat seratus bahkan lebih biji yang siap untuk dijadikan bibit berikutnya..subhanalloh.

Buah markisa yang sudah tua (masak sebelum menguning) Nampak hijau dengan kulit berbintik putih, jika ditekan kulitnya terasa tipis dan sedikit lunak. Jika belum tua kulit terasa tebal dan keras.

Dari satu biji yang masak diperoleh ratusan biji yang siap digunakan sebagai benih berikutnya.

Proses pengolahan Buah markisa menjadi sebuah minuman yang segar adalah dengan cara menghaluskan isi buah kemudian menyaringnya agar terpisah antara biji dan sarinya yaitu di ”blender “ sebentar saja dapat memisahkan biji yang sudah dilepaskan dari buahnya.
Setelah proses penyaringan, sari markisa di godok bersama gula untuk mengurangi rasa asam dari buah markisa sesuai selera masing-masing, maka sari buah markisa sudah bisa kita nikmati.

Selamat Mencoba...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar