Sabtu, 31 Desember 2011

ARTI SEBUAH NAMA

Siapa yang belum pernah mendengar ungkapan, "Apalah arti sebuah Nama?".. ungkapan tersebut dipopulerkan oleh William Shakespeare dalam karyanya Hamlet dengan maksud tertentu yang tidak jelas. Bagi orang Islam nama adalah sesuatu yang sangat penting
yang menjadi persoalan adalah kenapa ungkapan itu begitu populer dan latah diikuti oleh kebanyakan orang Islam ?? 

Sesungguhnya perkara Nama dalam Islam bukan masalah sepele, sebab yang pertama kali diajarkan oleh TUHAN setelah penciptaan manusia adalah "mengajarkanya Nama-nama" firman Allah Ta'ala :

وَعَلَّمَ ءادَمَ الأَسماءَ كُلَّها ثُمَّ عَرَضَهُم عَلَى المَلٰئِكَةِ فَقالَ أَنبِـٔونى بِأَسماءِ هٰؤُلاءِ إِن كُنتُم صٰدِقينَ

 "Dan Dia mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda-benda) seluruhnya, kemudian mengemukakannya kepada para Malaikat lalu berfirman: ""Sebutkanlah kepada-Ku nama benda-benda itu jika kamu memang orang-orang yang benar! (QS. Al'Baqoroh (2) ayat 31)

Semoga Kisah berikut ini membawa inspirasi bagi antum : 


Diceritakan bahwa 'Umar bin al-Khatthab pernah bertanya kepada seorang laki-laki, "Siapa namamu?" Orang itu menjawab, "Jamrah (artinya bara)." `Umar bertanya lagi, "anak siapa?" Ia menjawab, "anak Syihab (cahaya)." `Umar bertanya, "dari marga apa?" Ia menjawab, "dari Keturunan Harqah (kebakaran)." 'Umar bertanya, "Di mana tempat tinggalmu?" Ia menjawab, "Di Harrah an naar (panas api)." Umar bertanya lagi, " Di sebelah mana?" Ia menjawab, "Di Dzat Lazha (Tempat api)." Kemudian Umar berkata,”Temuilah keluargamu, sesungguhnya mereka telah hangus terbakar.” Dan terjadilah seperti yang dikatakan oleh Umar. (Jami' Ma'mar bin Rasyid,2/77,MS )

Nama adalah sebuah do'a dan harapan, terutama bagi orang tua kepada anaknya, sehingga sang anak setelah menyadari akan arti namanya sendiri akan berusaha untuk merealisasikanya dalam kehidupan nyata sehingga timbul kesesuaian dengan harapan yang memberi nama. 
Nama juga berpengaruh terhadap kehidupan seseorang, Nama yang baik/indah/bagus dapat mendorong pemiliknya untuk menyesuaikan sikap dan perilakunya sesuai dengan maknanya,  namun tidak sedikit pula nama yang indah/bagus tidak berdampak positif pada pemiliknya malah sikap pemiliknya sering bertolak belakang.. biasanya karena pengaruh lingkungan yang buruk..  karena itu dalam memberikan sebuah nama perlu dipertimbangkan hal-hal berikut ini :


Nama nama yang baik :
a. Penghambaan kepada Allah swt
b. Nama-nama Nabi
c. Nama-nama yang memberi gambaran positif


Nama-nama yang buruk :
a. Penghambaan terhadap selain Allah swt
b. Nama-nama Syaitan
c.  Nama-nama yang memberi gambaran negatif
d. Nama-nama tokoh sejarah yang antagonis


Kegunaan nama secara psikologis :
a. Stimulus yang terus menerus yang mempengaruhi persepsi seseorang terhadap dirinya
b. Mempengaruhi motivasi seseorang
c. do'a orang lain untuk sipemilik nama

1 komentar:

  1. Arti Ngaran boga carita:
    Aya tilu Ibu-ibu anu nuju hamil keur ngarobrol...
    ~Ceuk Ibu nu ka hiji "Ke orok abdi mah bade dinamian IRNI, tina ngaran bapana IRvan ibuna naNI"...
    ~Ari Ceuk anu kadua, "orok abdimah bade dinamian DEVI, tina bapana DEde ibuna noVI"...
    ~Ari ibu anu katilu mah kalah ngahuleng wae..
    terus ditanya "Naha bet cicing wae?!...
    Ehm.. atuda kumaha abdimah, da ngaran bapana aBAS, abdi koKOM..maenya ngarana BASKOM !.. ha..ha..ha

    BalasHapus